India Berlakukan Bayaran Main yang Setara untuk Atlet Kriket Putra dan Putri

  • Associated Press

Presiden Dewan Kontrol Kriket di India (BCCI) yang baru terpilih Roger Binny (tengah), Sekretaris Jay Shah (kiri) dan Wakil Presiden Rajeev Shukla saat menghadiri Rapat Umum Tahunan dewan di Mumbai, India, Selasa, 18 Oktober 2022. (AP/Rajanish kakade)

Para pemain nasional untuk tim kriket putra dan putri India akan menerima bayaran main yang sama, kata Dewan Pengawas Kriket India (BCCI), Kamis (27/10).

Jay Shah, sekretaris BCCI, mengeluarkan pernyataan di Twitter, bahwa atlet putra dan putri akan menerima sekitar 18.000 dolar untuk satu pertandingan persahabatan dengan negara lain; 7.000 dolar untuk satu pertandingan internasional; dan 3.500 dolar untuk satu pertandingan di kompetisi T20. ''Kesetaraan pembayaran adalah komitmen saya untuk pemain kriket putri kita,'' kata Shah.

Mantan kapten tim putri India Mithali Raj menyebut keputusan itu sebagai “dorongan besar untuk kriket putri.''

Pengumuman itu muncul setelah tim putri India memenangkan Piala Asia T20 di Bangladesh awal bulan ini.

Mantan pemain kriket nasional India Kirti Azad mengatakan BCCI juga harus memperkenalkan sistem kontrak terpusat yang telah lama tertunda untuk pemain putri.

Pemain putra memiliki kesempatan bertanding internasional yang jauh lebih banyak daripada pemain putri, dan mendapat keuntungan dari gaji pokok yang ditawarkan melalui kontrak terpusat.

“Selangkah demi selangkah. Tim putri telah melakukan dengan sangat baik selama empat atau lima tahun terakhir,” kata Azad. ''Pemain kriket putri kini memasuki era baru.'' [ab/uh]