Inflasi Mereda pada Juli, Bank Sentral Mulai Pangkas Bunga

  • Associated Press

FILE - Elise Lacroix, pemilik bengkel Stop & Go di Brattleboro, Vt., mengganti oli kendaraan di bengkelnya, 15 Juli 2024. (Kristopher Radder/The Brattleboro Reformer via AP)

Inflasi tahun ke tahun (yoy) mencapai tingkat terendah dalam lebih dari tiga tahun pada Juli, pertanda terbaru bahwa lonjakan harga tinggi yang terburuk dalam 40 tahun mereda. Hal ini membuat Bank Sentral siap untuk memotong suku bunga pada September.

Laporan hari Rabu dari Departemen Tenaga Kerja AS menunjukkan, harga barang-barang untuk konsumen naik hanya 0,2 persen dari bulan Juni hingga Juli, tapi pada Juni turun sedikit dan ini terjadi untuk pertama kalinya dalam empat tahun.

Dibanding tahun sebelumnya, harga naik hanya 2,9 persen, sedikit turun dari tiga persen pada bulan Juni. Itu adalah angka inflasi tahun ke tahun yang paling rendah sejak Maret 2021.

Pada bulan Juli, harga bahan makanan naik 0,1 persen, hanya 1,1 persen lebih tinggi dari tahun sebelumnya, laju pertumbuhan inflasi yang jauh lebih lambat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

FILE - James Pratt, kepala kasir di Phantom Fireworks di Hinsdale, N.H., membantu mengemas belanjaan pelanggan, 28 Juni 2024. (Kristopher Radder/The Brattleboro Reformer via AP,)

Namun, banyak warga Amerika masih berjuang dengan harga bahan makanan, yang masih 21 persen lebih tinggi dibandingkan harga tiga tahun lalu, meskipun upah rata-rata juga naik tajam sejak itu.

Inflasi berperan penting dalam pemilihan presiden AS. Mantan Presiden Donald Trump menyalahkan kebijakan energi pemerintahan Biden atas kenaikan harga. Wakil Presiden Kamala Harris pada Sabtu mengatakan, ia akan segera mengusulkan proposal baru untuk "menurunkan biaya dan memperkuat ekonomi secara keseluruhan."

Pemerintah mengatakan hampir seluruh kenaikan inflasi bulanan mencerminkan harga sewa dan biaya perumahan lainnya yang lebih tinggi. [ps/jm]

Your browser doesn’t support HTML5

Inflasi AS di Bulan Juli Terendah dalam Lebih dari Tiga Tahun