Inggris: Ada Kemajuan Dalam Pembicaraan Pembebasan Zaghari-Ratcliffe

PM Inggris Boris Johnson setibanya di Hotel Emirates Palace, Abu Dhabi, dalam kunjungannya di Uni Emirat Arab, di tengah invasi Rusia ke Ukraina, 16 Maret 2022. (Stefan Rousseau/Pool via REUTERS)

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan, Rabu (16/3). bahwa pembicaraan mengenai pembebasan Nazanin Zaghari-Ratcliffe, yang telah ditahan di Iran selama hampir enam tahun, mengalami kemajuan.

Johnson mengukuhkan, tim negosiasi Inggris sedang bekerja di Teheran untuk membebaskan Zaghari-Ratcliffe, yang memegang kewarganegaraan ganda Inggris-Iran. Pernyataan Johnson dikeluarkan saat kunjungan ke Timur Tengah, atau sehari setelah Iran mengembalikan paspor pekerja amal yang dipenjarakan itu.

''Saya seharusnya tidak mengungkapkan ini. Tapi memang ada kemajuan,'' katanya kepada wartawan di hotel Emirates Palace di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. ''Saya seharusnya tidak banyak bicara saat ini karena negosiasi masih berlangsung.”

Zaghari-Ratcliffe menjalani hukuman lima tahun penjara setelah ditahan di bandara Teheran pada April 2016. Ia kemudian divonis bersalah karena merencanakan penggulingan pemerintah Iran. Tuduhan itu tidak hanya dibantah dirinya dan para pendukungnya, tapi juga oleh kelompok-kelompok HAM. [ab/uh]