Iran Konfirmasi Pengusiran Empat Diplomat Azerbaijan

  • Associated Press

Seorang polisi tampak berjaga di area depan Kedutaan Besar Iran di Baku, Azerbaijan, pada 27 Januari 2023. (Foto: AP/Aziz Karimov)

Iran mengonfirmasi pengusiran empat diplomat Azerbaijan dari negaranya di tengah meningkatnya ketegangan dengan negara tetangganya itu.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Nasser Kanaani mengonfirmasi berita tersebut pada Senin (8/5), yang telah ramai diberitakan oleh media Iran sejak Jumat (5/5) lalu.

BACA JUGA: Dinilai Menghina Agama Islam, Iran Eksekusi Mati Dua Pria  

Kantor berita semi-resmi Iran belum menyampaikan rincian apapun kecuali mengatakan keempat diplomat itu bekerja di Kedutaan Besar Azerbaijan di Teheran, dan kantor konsulat di barat daya Kota Tabriz.

Azerbaijan bulan lalu mengusir empat diplomat Iran dari Baku.

Hubungan antara Teheran dan Baku, yang sudah lama dingin, semakin memburuk setelah seorang laki-laki bersenjata menyerbu Kedutaan Besar Azerbaijan di Teheran pada bulan Januari lalu, menewaskan kepala keamanan kedutaan dan melukai dua penjaga.

Azerbaijan menuduh Iran mendukung kelompok Islamis garis keras yang berupaya menggulingkan pemerintahan di Baku. Iran sendiri telah membantah tudingan itu.

BACA JUGA: AS Menjadi Tuan Rumah Perundingan Damai antara Armenia, Azerbaijan

Hubungan keduanya juga tegang karena Azerbaijan pada bulan Maret lalu membuka kantor kedutaan di Israel. Iran telah berulangkali menentang peningkatan hubungan antara Azerbaijan dan Israel.

Iran dan Israel melihat satu sama lain sebagai musuh bebuyutan. [em/rs]