Iran Tangguhkan Penerbangan di Beberapa Bandara

Pesawat maskapai Emirates tampak di bandara Imam Khomeini di ibu kota Teheran, Iran (foto: dok).

Badan penerbangan Iran pada hari Minggu (6/10) mengumumkan pembatalan penerbangan di beberapa bandara negara itu, dengan alasan “pembatasan operasional”, demikian laporan media pemerintah. Pembatasan ini terjadi ketika Israel bertekad akan melakukan pembalasan atas serangan rudal Iran.

Karena pembatasan tersebut, “penerbangan di beberapa bandara di negara itu akan dibatalkan mulai pukul 21.00 malam ini (1730 GMT), Minggu, 6 Oktober, hingga pukul 06.00 pagi besok, 7 Oktober,” kata kantor berita pemerintah IRNA yang mengutip juru bicara Organisasi Penerbangan Sipil Iran, Jafar Yazarloo.

BACA JUGA: Berhasil Serang Israel, Iran Beri Penghargaan pada Panglima Garda Revolusi

Iran pada hari Selasa meluncurkan sekitar 200 rudal dalam serangan langsung kedua ke Israel, dalam apa yang dikatakan Iran sebagai pembalasan atas pembunuhan para pemimpin militan yang bersekutu dengan Teheran di wilayah tersebut, bersama dengan seorang jenderal di Garda Revolusi Iran.

Badan penerbangan itu kemudian mengumumkan bahwa penerbangan domestik dan internasional dihentikan karena alasan keamanan sampai dibuka kembali. Badan Keselamatan Penerbangan Uni Eropa telah menyarankan maskapai penerbangan Eropa untuk menghindari wilayah udara Iran hingga 31 Oktober, sementara situasi masih dalam peninjauan. [my/jm]