Iran Bebaskan Perempuan Warga AS dari Tahanan

Sarah Shourd yang dibebaskan dengan jaminan 500.000 dolar, telah meninggalkan Iran dan sedang dalam perjalanan pulang ke AS.

Iran mengumumkan telah membebaskan salah satu dari tiga warga Amerika yang telah ditahan di Iran sejak Juli 2009.

Pengacara bagi ketiga warga Amerika itu, Masoud Shafii, mengatakan Sarah Shroud, 32 tahun, dibebaskan Selasa dari penjara Evin. Sarah telah meninggalkan Iran dan sedang dalam perjalanan pulang ke Amerika melalui Oman. Media Iran mengatakan Sarah dibebaskan dengan uang jaminan 500.000 dolar.

Sarah dibebaskan karena alasan medis, tetapi masih tetap akan menghadapi peradilan. Keluarga Shourd mengatakan ia membutuhkan pengobatan medis untuk sebuah benjolan di dada dan sel-sel servikal pra kanker.

Penguasa Iran menahan Shourd dan dua warga Amerika lainnya, Shane Bauer dan Josh Fattal, Juli tahun lalu setelah mengatakan mereka melintas ke wilayah Iran dari Irak Utara.

Pejalan kaki ini kemudian dikenakan tuduhan melakukan pekerjaan mata-mata dan masuk secara ilegal, meskipun mereka bersikeras mereka bukan mata-mata dan melintasi perbatasan secara tidak disengaja.

Anggota keluarga para pejalan kaki itu hari Selasa mengeluarkan pernyataan yang mengatakan mereka “lega dan sangat gembira” atas pembebasan Shourd namun “kecewa” karena Bauer dan Fattal masih ditahan tanpa alasan yang benar. Mereka kembali mendesak pemerintah Iran untuk membebaskan kedua pria warga AS itu.