Israel: Seorang Warga Palestina Ditembak Mati Karena Tikam Polisi

Polisi perbatasan Israel berpatroli di dekat kota Ramallah, Tepi Barat, 1 Februari 2020. (Foto: dok).

Seorang warga Palestina ditembak mati, Rabu (22/4), setelah ia menabrakkan mobilnya ke sebuah pos pemeriksaan Israel, dan menikam seorang polisi di sana, kata kepolisian Israel.

Juru bicara kepolisian, Micky Rosenfeld, mengatakan serangan itu berlangsung dekat kawasan Maale Adumim, di sebelah timur Yerusalem. Menurutnya, polisi yang menjadi korban menderita luka yang tidak begitu parah, dan tim polisi yang melangsungkan pemeriksaan di tempat kejadian menemukan sebuah bom pipa.

Rekaman video insiden tersebut menunjukkan sebuah mobil van berwarna putih melaju ke luar jalan dan menabrak seorang polisi yang sedang bertugas. Polisi itu terpental beberapa meter. Penyerang tersebut kemudian ke luar dari mobil sambil membawa alat seperti gunting yang kemudian ditikamkan ke polisi yang terluka.

Beberapa polisi yang berada di lokasi menembak penyerang itu, dan akhirnya menewaskannya. Tidak ada rincian mengenai identitas penyerang selain ia disebutkan sebagai seorang Palestina.

Serangan warga Palestina terhadap polisi dan fasilitas militer Israel di Tepi Barat merupakan peristiwa yang sering terjadi, namun frekuensinya menyusut dalam beberapa bulan terakhir, khususnya sejak wabah virus corona memaksa banyak orang tinggal di rumah.

Sebelumnya pekan ini, polisi Israel menghalau serangan sejumlah warga Palestina yang melempari kendaraan-kendaraan militer Israel dengan bom api. [ab/uh]