Istri Mantan Pejabat Partai Komunis Tiongkok Didakwa dalam Kasus Pembunuhan

Mantan pejabat Partai Komunis Tiongkok kota Chongqing, Bo Xilai (kanan) dan istrinya, Gu Kailai (Foto: dok). Gu Kailai didakwa dalam kasus pembunuhan seorang pengusaha Iggris, Neil Heywood.

Jaksa Tiongkok mendakwa isteri bekas pejabat senior Partai Komunis, Bo Xilai, dan seorang pegawai keluarga itu dalam kasus pembunuhan seorang pengusaha Inggris.
Kantor berita resmi Xinhua hari Kamis melaporkan keterangan jaksa Tiongkok mengenai keterlibatan isteri Bo, Gu Kailai dalam pembunuhan Neil Heywood, partner bisnis pasangan tersebut. Gu dan seorang pegawainya, Zhang Xiaojun didakwa meracun Heywood, yang meninggal dunia bulan November.

Skandal itu meledak bulan Februari ketika seorang pekerja keluarga itu melarikan diri ke konsulat Amerika dan mengeluarkan tuduhan mengenai keterlibatan Gu dalam pembunuhan Heywood.

Bo adalah tokoh Partai Komunis yang sedang menanjak namanya, menjabat sebagai ketua partai kota Chongqing, sebelum dipecat bulan Maret karena dituduh terlibat dalam korupsi besar-besaran. Bo masih berstatus sebagai tahanan rumah.