Jajak Pendapat: Pemilih Partai Republik Cenderung Percayai Trump daripada Hasil Resmi Pemilu

  • Associated Press

Mantan Presiden AS dan kandidat presiden dari Partai Republik, Donald Trump, berbicara dalam debat capres melawan Kamala Harris yang digelar di Philadelphia, Pennsylvania, pada 10 September 2024. (Foto: AFP/Saul Loeb)

Para pemilih Partai Republik lebih memercayai Donald Trump dan kampanyenya daripada hasil resmi pemilu. Hal tersebut terungkap dalam jajak pendapat baru yang digelar oleh Pusat Penelitian Urusan Publik AP-NORC dan USAFacts.

Hasil jajak pendapat itu menunjukkan bahwa lebih 60% pemilih Partai Republik memiliki setidaknya tingkat kepercayaan sedang pada Trump dan kampanyenya untuk memberi informasi yang akurat tentang hasil pemilu 2024. Hanya sekitar 50% dari mereka yang mengatakan hal itu tentang sertifikasi resmi hasil pemilu.

Jajak pendapat menunjukkan bahwa sebagian besar warga AS, sekitar 7 dari 10, memiliki setidaknya tingkat kepercayaan sedang pada sertifikasi pemerintah atas hasil pemilu.

BACA JUGA: Perdana, Harris dan Trump Berhadapan di Panggung Debat Pilpres AS

Jajak pendapat itu juga menemukan bahwa banyak warga AS yang meragukan pesan kampanye kedua kandidat meskipun ada lebih banyak skeptisisme tentang Trump.

Jajak pendapat itu menunjukkan bahwa sekitar 6 dari 10 warga AS menilai bahwa pesan kampanye Trump jarang atau tidak pernah didasarkan pada informasi faktual, sedangkan sekitar 45% orang AS mengatakan hal yang sama tentang pesan kampanye Kamala Harris. [ka/jm]