Jamur dan Tanaman Bersihkan Polusi di California

Peneliti Danielle Stevenson menggali tanaman untuk diuji sebagai bagian dari Studi Remediasi Phyto Myco University of California Riverside di tanah kosong di Los Angeles, California pada 19 Mei 2023. (Patrick T. Fallon / AFP)

Para ilmuwan dari University of California Riverside telah menyebarkan tanaman dan jamur yang dipilih secara hati-hati di bekas lokasi industri di Los Angeles. Tujuan mereka adalah menghilangkan logam berat dan petrokimia yang telah mencemari daerah tersebut selama puluhan tahun. 

Di suatu lahan telantar bekas kawasan industri di Los Angeles, Kreigh Hampel mencungkil sorgum hitam California dengan garu untuk mengetahui berapa banyak timbel yang diserapnya. Bunga-bunga putih dan merah muda tanaman itu memiliki kemampuan membersihkan yang menakjubkan, yang menurut para ilmuwan dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan polutan berbahaya – dan bahkan mendaur ulangnya.

Hampel, sukarelawan proyek ini, mengatakan, ”Tanaman benar-benar dapat melakukan pembersihan, mereka tahu bagaimana caranya, mereka telah melakukannya berkali-kali selama jutaan tahun.”

Seorang sukarelawan menimbang akar sampel tanaman yang akan diuji logam berbahaya sebagai bagian dari Studi Remediasi Phyto Myco University of California Riverside, di tanah kosong di Los Angeles, California, 19 Mei 2023. (Patrick T. Fallon / AFP)

Eksperimen ini adalah bagian dari proyek yang dijalankan University of California Riverside, yang telah menyebarkan tanaman dan jamur yang dipilih dengan hati-hati di bekas lokasi industri tersebut untuk membersihkan logam berat dan petrokimia yang telah mencemari daerah itu selama puluhan tahun.

Danielle Stevenson, yang memimpin penelitian itu, mengatakan, teknik-teknik pembersihan hayati seperti itu jauh lebih hemat biaya daripada teknik biasa.

“Kami membersihkan lokasi-lokasi ini dengan menggunakan jamur dan tanaman. Metode pembersihan konvensional hanyalah menggali semua tanah yang terkontaminasi dan membuangnya di tempat lain.”

Menurutnya, pendekatan konvensional tidak benar-benar menyelesaikan masalah dan biayanya pun besar sekali.

Your browser doesn’t support HTML5

Jamur dan Tanaman Bersihkan Polusi di California

Proyek Stevenson, yang dilakukan di tiga lokasi di Los Angeles dan sekitarnya, menganggarkan biaya sekitar $200.000. Sejauh ini, hasilnya sangat menggembirakan. Dalam tiga bulan, proyek itu telah mengurangi 50 persen petrokimia dan untuk beberapa jenis logam, level itu akan tercapai dalam enam bulan, ujarnya.

Stevenson, seorang pakar jamur, memilih senjata antipolusinya dengan hati-hati. Jamur tiram ditanam ke tanah karena peran alaminya dalam penguraian; miselium, bagian jamur yang terpendam, menyerap solar. Di alam, jamur ini akan memakan pohon mati. Di tanah, jamur ini akan mengenali minyak solar, misalnya, sebagai sumber makanan.

Beberapa tanaman asli California, termasuk telegraph weed dan bunga matahari semak California, sangat baik dalam menyerap logam berat.

“Cara kerjanya adalah tanaman itu saya anggap sebagai penyedot debu bertenaga surya. Pada dasarnya tanaman menyedot logam, seperti timbel, ke tubuh mereka. Jadi ketika kita mencabut tanaman, kita menyingkirkan timbel dari tanah. Jadi tanah dibersihkan dari logam berbahaya,” jelasnya.

Bunga California Buckwheat bermekaran di lahan kosong di Los Angeles, California, 19 Mei 2023. Studi Remediasi Phyto Myco University of California Riverside, menggunakan tanaman dan jamur asli untuk menguji solusi pembersihan tanah berkelanjutan dari lahan yang dikenal sebagai ladang cokelat yang terkontaminasi logam dan bahan kimia berbahaya, (Patrick T. Fallon / AFP)

Timbel dan logam lainnya kemudian dapat diperoleh dari tanaman tersebut dan bahkan digunakan kembali.

Di seluruh AS dan negara industri, tempat komersial yang telah tercemar setelah lewat masa pakainya kerap kali ditelantarkan begitu saja, kata Stevenson. Tanggung jawab untuk membenahinya jatuh pada otoritas lokal yang tidak memiliki cukup dana atau perlengkapan.

Di AS, di mana Badan Perlindungan Lingkungan Hidup mencatat hampir 1.900 lokasi bermasalah, hanya sejumlah kecil proyek pembersihan dilakukan setiap tahun, kata Stevenson. Ia berharap metode yang lebih murah akan memungkinkan lebih banyak lagi lokasi yang dibersihkan.

Para aktivis mengatakan penggunaan pembersihan hayati tidak terbatas untuk memperbaiki bekas lokasi industri. Proses ini juga dapat digunakan untuk membantu membersihkan abu beracun sisa kebakaran hutan – masalah tahunan di California yang rawan kebakaran.

Sukarelawan Kreigh Hampel mengumpulkan sampel akar tanaman dari tanah kosong di Los Angeles, California, untuk diuji oleh para peneliti dari Studi Remediasi Phyto Myco University of California Riverside, 19 Mei 2023. (Patrick T. Fallon / AFP)

Sementara itu, Stevenson menunjuk pada prasangka tak sehat mengenai jamur – seperti jamur menakutkan yang menginfeksi zombie dalam serial di HBO, “The Last of Us.”

“Saya selalu ditanya: ‘Kalau kita gunakan jamur untuk membersihkan suatu tempat, apakah jamur ini akan mengambil alih, memakan rumah kita dan menguasai dunia?” katanya dan dengan cepat ia menjawab, “Tidak akan.”

Inilah sebabnya mengapa penting untuk melakukan eksperimen semacam itu di dunia nyata, bukan hanya di laboratorium.

Stevenson berpendapat, jika lebih banyak tes lapangan untuk metode ini dilakukan, orang akan semakin yakin untuk memilih pendekatan semacam ini. [uh/ab]