Jelang Hari Kemerdekaan AS, Tank-tank Tiba di Washington

Tank-tank M1 Abrams dimuat di atas kendaraan pengangkut setelah Presiden AS Donald Trump mengatakan tank dan kendaraan militer lainnya akan ikut pawai Hari Kemerdekaan AS di Washington DC, 2 Juli 2019. (Foto: Leah Mills/ Reuters)

Tank-tank tempur terlihat di dalam sebuah kereta di Washington, DC, Selasa (2/7), menampilkan kekuatan militer AS menjelang perayaan hari kemerdekaan AS yang jatuh besok, Kamis, 4 Juli.

Demokrat mengatakan, acara HUT Kemerdekaan itu dapat berubah menjadi kampanye pemilihan ulang Presiden Donald Trump.

Di tengah pertanyaan tentang biaya dan besarnya acara itu, pejabat Gedung Putih mengatakan, Presiden dari partai Republik itu akan menghindari politik dan tetap berpegang pada tema patriotik dalam pidatonya di depan monument Lincoln Memorial di Washington pada Kamis.

Kantor berita Reuters memotret tank-tank M1 Abrams dan kendaraan lapis baja lainnya di atas kendaraan di Washington pada Selasa pagi, sebuah indikasi kekuatan militer AS yang akan ditampilkan pada perayaan Kamis nanti. Pemandangan itu sangat berbeda dari acara tahunan HUT Kemerdekaan AS pada tahun-tahun sebelumnya.

Selama beberapa dasawarsa, presiden-presiden AS selama ini tidak “pamer kekuatan” dalam perayaan tahunan kemerdekaan AS, yang biasanya menarik ratusan ribu orang mengunjungi Monumen Nasional untuk menonton konser dan kembang api. [ps/pp]