Jepang Protes Kunjungan Presiden Korsel ke Kepulauan Sengketa

Mutane suna kallon yadda wata ya keta gaban rana yayin husufin rana a Najeriya ranar uku ga watan Nuwamban shekarar 2013.

Jepang memanggil duta besar Korea Selatan untuk Tokyo setelah Presiden Korea Selatan Lee Myung-Bak berkunjung ke kepulauan sengketa (10/8).
Jepang telah memanggil duta besar Korea Selatan untuk Tokyo setelah Presiden Korea Selatan Lee Myung-Bak berkunjung ke kepulauan yang disengketakan yang terletak antara kedua negara.

Sebelum Lee mendarat di kepulauan itu hari Jumat (10/8), para pejabat Tokyo sudah mendesak Seoul agar membatalkan kunjungan itu. Sekertaris Kabinet Jepang Osamu Fujimura mengatakan tindakan itu dapat berdampak terhadap hubungan Korea Selatan-Jepang.

Ini adalah pertama kalinya Presiden Korea Selatan berkunjung ke kepulauan itu, yang dinamakan di Jepang “Takeshima” dan di Korea “Dokdo.” Kepulauan itu telah dikuasai Korea Selatan sejak berakhirnya kekuasaan kolonial Jepang setelah Perang Dunia Kedua.

Pekan lalu, Korea Selatan memanggil seorang diplomat Jepang setelah Jepang meneruskan klaimnya atas kepulauan itu dalam laporan pertahanan tahunannya.