John Kerry Mulai Tugasnya sebagai Menlu AS

Fans watch the USA-Germany game in Dupont Circle.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry sudah mulai bekerja sebagai diplomat tertinggi Amerika hari Senin (4/2) ini menggantikan Hillary Clinton.
Menteri Luar Negeri AS John Kerry berjanji akan memprioritaskan keselamatan dan keamanan staf diplomatik Amerika di seluruh dunia.

Pegawai Departemen Luar Negeri menyambut Kerry dengan tepuk tangan ketika dia tiba di kantor untuk bekerja hari Senin. Demokrat dari Massasachussets itu dilantik hari Jumat.

Dia mengingat kembali masa mudanya di Berlin, ketika ayahnya menjabat sebagai seorang diplomat Amerika, dan mengatakan dia belajar tentang kebajikan kebebasan setelah mengalami sekilas kehidupan di Jerman Timur yang diduduki Uni Soviet.

Kerry, yang dalam posisinya terakhir menjadi ketua Komite Hubungan Luar Negeri Senat, memuji upaya Departemen Luar Negeri menjunjung cita-cita Amerika sementara ikut menciptakan perdamaian di seluruh dunia serta menaikkan derajat dan dan memberdayakan orang.

John Kerry menggantikan Hillary Clinton, yang tadinya adalah diplomat tertinggi Amerika selama empat tahun. Sebelum Hillary Clinton, menteri luar negeri Amerika adalah Condoleezza Rice. Kerry bercanda bahwa dia harus berusaha mengikuti jejak perempuan-perempuan pendahulunya.

Kerry adalah wajah yang sudah lama dikenal oleh para pemimpin dunia, seorang negarawan senior dalam Partai Demokrat dan mantan ketua Komite Hubungan Luar Negeri Senat.

Putera seorang diplomat Amerika, Kerry lulus dari Yale University tahun 1966 dan berdinas militer di Vietnam, di mana ia dianugerahi dua medali tempur dan tiga bintang jasa Purple Heart. Setelah kembali ke Amerika, ia dikenal secara nasional sebagai juru bicara anti-perang.

Kerry, yang meraih gelar sarjana hukum dari Boston College tahun 1976, terpilih menjadi letnan gubernur di negara bagian asalnya Massachusetts tahun 1982. Ia terpilih menjadi Senator Amerika tahun 1984 dan memperoleh reputasi sebagai seorang anggota senat berhaluan kiri-tengah yang mendukung perdagangan bebas, perlindungan lingkungan, dan kebijakan luar negeri Amerika yang komprehensif.

Kerry bertugas di Senat hingga tanggal 1 Februari ketika ia dilantik sebagai Menteri Luar Negeri Amerika.