Jumlah Imigran Kuba ke AS Dilaporkan Melonjak

Penjaga pantai AS di Pulau Cutter Knight mendekati perahu berisi 12 migran Kuba di barat daya Florida (30/12).

Sebagian warga Kuba mengatakan mereka khawatir ikatan diplomatik dengan AS berarti pembatasan imigrasi akan lebih ketat.

Petugas penjaga pantai AS mengatakan jumlah warga Kuba yang dicegat di laut ketika hendak menuju Amerika telah meningkat sejak Presiden AS Barack Obama mengumumkan rencana untuk memulihkan hubungan diplomatik dengan Havana.

Para petugas mengatakan kapal-kapalnya mencegat 121 migran Kuba di laut pekan lalu dan memulangkannya ke pulau tersebut.

Laksamana Jake Korn, Senin (5/1), mengatakan tidak ada perubahan dalam kebijakan imigrasi AS mengenai Kuba. Dia mengatakan hanya Kongres yang dapat mengubah apa yang dikatakan sebagai UU “kaki basah-kaki kering,” yang mengizinkan warga Kuba yang berhasil mencapai AS untuk tinggal di AS.

Sebagian warga Kuba mengatakan mereka khawatir ikatan diplomatik dengan AS berarti pembatasan imigrasi akan lebih ketat.

Penjaga Pantai telah menggiatkan patroli di perairan antara Kuba dan Florida dan menghalangi siapapun yang berusaha melakukan penyeberangan berbahaya.

Dikatakan, semua warga Kuba yang dicegat di laut akan dipulangkan.