Kanada akan Beli Drone Bersenjata AS Senilai $1,87 miliar

Perdana Menteri kanada Justin Trudeau menyampaikan pengumuman bantuan militer untuk Ukraina, di Toronto, Kanada, pada 24 Februari 2023. (Foto: Reuters/Carlos Osorio)

Pemerintah Kanada, pada Selasa (19/12), mengatakan bahwa pihaknya akan membeli 11 drone bersenjata dari produsen senjata Amerika Serikat, General Atomics. Senjata-senjata itu diperuntukkan untuk penempatan militer di luar negeri serta pemantauan pantai dan bantuan bencana.

Dengan harga $1,87 miliar atau hampir 2,5 miliar dolar Kanada, pembelian itu mencakup stasiun kendali darat, hanggar dan batch awal rudal Hellfire, serta pelatihan. Drone MQ-9B itu diperkirakan akan dikirim pada 2028.

Menteri Pertahanan Kanada Bill Blair mengatakan sejumlah drone tersebut akan memastikan bahwa Kanada “memiliki senjata militer modern dan mudah beradaptasi serta siap merespons tantangan keamanan yang terus berkembang.”

BACA JUGA: AS Jatuhkan Sanksi Baru pada Jaringan yang Terkait Produksi Drone Iran

Menurut sebuah pernyataan, drone-drone itu akan ditempatkan di pangkalan pantai Pasifik dan Atlantik Kanada, serta Arktik.

Mampu terbang sejauh 7.200 kilometer dan bertahan di udara lebih dari 28 jam, drone-drone itu akan digunakan dalam misi luar negeri bersama sekutu, dan juga memantau wilayah Kanada yang luas dan garis pantai yang panjang. Drone itu juga dapat mendukung respons darurat sipil atas kebakaran hutan dan banjir, kata militer.

Pembelian drone tersebut dilakukan di saat angkatan udara Kanada telah meningkatkan armada pesawatnya yang sudah tua dengan jet-jet tempur F-35 baru, pesawat tanker, pesawat mata-mata dan helikopter penyelamat. [ka/jm]