Kanada Paksa Arbitrase dalam Sengketa Tenaga Kerja; Kereta Barang Kembali Beroperasi

  • Associated Press

Seorang pekerja tampak menaiki lokomotif di markas kereta api CPKC di Kansas City, Missouri, pada 21 Agustus 2024. (Foto: AP/Charlie Riedel)

Pemerintah Kanada telah memaksa dua perusahaan kereta barang utama di negara itu untuk melakukan arbitrase dalam sengketa kontrak dengan serikat pekerjanya, kata Menteri Tenaga Kerja Steven MacKinnon pada Kamis (22/8).

MacKinnon mengumumkan keputusan itu pada konferensi pers tidak lama setelah kantor berita The Associated Press mengeluarkan kabar itu secara terbuka, dengan mengutip seorang pejabat yang mengetahui situasi tersebut.

MacKinnon mengatakan, “Sebagai Menteri Tenaga Kerja, saya menggunakan kewenangan saya berdasarkan Undang-undang Ketenagakerjaan Kanada untuk memastikan ketenangan dalam industri dan memberikan solusi jangka pendek dan jangka panjang yang sesuai dengan kepentingan nasional.”

Kedua perusahaan kereta itu telah menyatakan bahwa begitu sengketa mereka memasuki arbitrase, kereta-kereta akan dapat mulai beroperasi lagi.

Perusahaan Canadian National dan CPKC sama-sama melarang karyawan mereka bekerja setelah lewatnya tenggat pukul 12.01 dini hari untuk menyelesaikan perselisihan dengan serikat pekerja, Teamsters Canada Rail Conference.

BACA JUGA: Operasi Kereta Api Terancam, Trudeau Serukan Penyelesaian Sengketa

Pembicaraan dimulai kembali pada hari Kamis – sementara para karyawan berunjuk rasa di luar dan kelompok-kelompok pengusaha mendesak pemerintah untuk memaksakan arbitrase.

Pejabat itu berbicara dengan The Associated Press dengan syarat anonim karena tidak berwenang untuk berbicara terbuka sebelum pengumuman.

Semua pengiriman barang Kanada yang dilakukan dengan kereta – bernilai lebih dari $730 juta per hari dan volume muatannya bertambah hingga lebih dari 375 juta ton tahun lalu – terhenti, begitu pula pengiriman dengan kereta yang melewati perbatasan AS.

Sekitar 30.000 penumpang di Kanada terdampak karena kereta mereka menggunakan jalur CPKC. Kereta-kereta CPKC dan Canadian National terus beroperasi di AS dan Meksiko.

Banyak perusahaan di kedua negara itu dan di berbagai industri mengandalkan kereta untuk mengirim bahan baku dan produk akhir mereka. Karena itu, tanpa layanan kereta yang reguler, mereka mungkin harus mengurangi atau menutup usaha.

Barang-barang bernilai miliaran dolar melewati jalur kereta antara Kanada dan AS setiap bulan, menurut Departemen Transportasi AS. [uh/ka]