Kantor Kepresidenan Kongo: PM Lukonde Mengundurkan Diri

Perdana Menteri Kongo, Jean-Michel Sama Lukonde, berbicara dalam konferensi iklim PBB di Sharm el-Sheikh, Mesir, pada 8 November 2022. (Foto: AP/Peter Dejong)

Perdana Menteri Republik Demokratik Kongo, Jean-Michel Sama Lukonde, pada Selasa (20/2), mengundurkan diri, di mana langkah tersebut memicu pembubaran pemerintah, kata kantor kepresidenan dalam pernyataannya.

Perdana menteri mengajukan pengunduran diri kepada Presiden Felix Tshisekedi delapan hari setelah mandatnya sebagai wakil pemerintah di majelis nasional disahkan. Ia kini akan bergabung dengan parlemen sebagai anggota majelis.

"Pengunduran diri telah diterima. Namun, presiden telah meminta pemerintahan (Lukonde) untuk tetap menangani masalah-masalah saat ini" sampai pemerintahan baru terbentuk, kata kantor kepresidenan dalam pernyataan lain pada Selasa malam. Pernyataan itu tidak merinci alasan Lukonde mengundurkan diri.

BACA JUGA: Dua Kapal Kecil Bertabrakan di Sungai Kongo, Jumlah Korban Masih Belum Diketahui

Lukonde diangkat menjadi perdana menteri negara Afrika tengah yang kaya mineral itu pada Februari 2021.

Setelah terpilih kembali pada Desember, Presiden Tshisekedi menunjuk seorang wakil untuk mengidentifikasi koalisi mayoritas di Majelis Nasional. Langkah itu dilakukan untuk membentuk pemerintahan berikutnya. [ka/jm]