Kapal Nelayan Indonesia Selamatkan 5 Muslim Rohingya di Aceh

Pengungsi Rohingya dirawat di rumah sakit setelah diselamatkan oleh kapal nelayan Indonesia Jumat, 6 April 2018, di Idi, Aceh Timur, Provinsi Aceh.

Sebuah kapal nelayan Indonesia menyelamatkan lima Muslim Rohingya yang didapati dalam kondisi lemah, di lepas pantai provinsi Aceh.

Pejabat SAR Aceh Abdul Musafir mengatakan kelompok terdiri dari dua perempuan dan tiga lelaki itu dibawa ke pantai Jumat pagi (6/4) dan dirawat di sebuah rumah sakit di Kabupaten Aceh Timur. Musafir mengatakan kelompok ini memberitahu para petugas bahwa lima orang tewas selama 20 hari perjalanan mereka di laut.

Musafir mengemukakan belum jelas dari mana mereka bertolak tetapi kelima orang itu ditemukan di kapal mereka di tengah laut hari Senin lalu oleh sebuah kapal nelayan.

Kekerasan yang berkobar pada tahun 2012 mendorong ribuan Muslim Rohingya lari meninggalkan Myanmar melalui laut menuju Thailand, Malaysia dan Indonesia. Krisis baru yang merebak tahun lalu membuat ratusan ribu Rohingya melarikan diri melalui jalan darat menuju Bangladesh. [uh]