Kapal Tanki Raksasa akan Sedot Tumpahan Minyak di Teluk Meksiko

Kapal tanki Taiwan yang panjangnya 275 meter itu itu akan menyedot air laut yang bercampur minyak dan memisahkan minyak dari air laut.

Awak kapal tanki minyak raksasa milik Taiwan sedang mengetes kapal yang telah dirombak itu untuk membersihkan genangan minyak di Teluk Meksiko.

Kapal tanki yang panjangnya 275 meter itu akan menyedot air laut yang bercampur minyak lewat 12 lubang penyedot khusus, dan memisahkan minyak dari air laut. Air yang sudah dibersihkan itu kemudian dipompa keluar dari kapal tanki yang diberi nama “A Whale” atau ikan paus itu.

Kata pemiliknya, maha jutawan Taiwan, Nobu Su, kapal itu bisa memproses 80 juta liter air laut yang bercampur minyak tiap harinya. Kemarin, kapal-kapal penyedot minyak yang lebih kecil telah mulai kembali beroperasi setelah terhenti beberapa hari karena laut yang sangat berombak disebabkan badai Alex di Teluk Meksiko.

Kata pemerintah Amerika, 60.000 barel minyak mentah terus menghambur tiap hari dari sumur yang bocor di dasar laut di Teluk Meksiko. Sumur yang bocor ini dikelola oleh perusahaan minyak Inggris, British Petroleum.