Kapal Terbalik di Branson, Missouri, Sedikitnya 13 Tewas

Petugas berpatroli di sekitar kapal terbalik, Jumat malam, 20 Juli 2018, yang mengakibatkan sedikitnya 13 tewas di Table Rock Lake, Branson, Missouri.(Foto AP / Charlie Riedel).

Sedikitnya 13 orang, termasuk anak-anak, tewas sewaktu sebuah perahu wisata terbalik dan tenggelam, Kamis malam (19/7) di sebuah danau, sewaktu terjadi badai di negara bagian Missouri.

Kantor Sherif Stone County, Jumat pagi (20/7) menyatakan empat orang belum ditemukan setelah perahu "Ride the Ducks" tenggelam di Danau Table Rock di kawasan Branson. Para penyelam dari Missouri State Patrol sedang mencari keempat orang itu.

Tiga puluh satu orang berada dalam kendaraan yang disebut duck boat, yang dapat beroperasi di air maupun di darat tersebut. Menurut para pejabat, 14 orang berhasil diselamatkan.

Perahu ini adalah satu dari dua duck boat yang sedang beroperasi di air ketika itu. Perahu lainnya berhasil mencapai daratan, sebut berbagai laporan.

Presiden Donald Trump, melalui cuitan di Twitter, menyampaikan “simpati terdalam kepada keluarga dan teman-teman mereka yang mengalami kecelakaan perahu mengerikan yang baru saja terjadi di Missouri.”

Steve Lindenberg, pakar cuaca di Dinas Cuaca Nasional di Springfield, Missouri, mengatakan kantornya mengeluarkan peringatan badai kuat untuk kawasan Branson Kamis malam (19/7). Lindenberg mengatakan tiupan angin mencapai kecepatan lebih dari 100 kilometer per jam.

Sherif Stone County Doug Rader mengatakan telepon permintaan tolong darurat pertama diterima pukul 7.09 malam.

Presiden perusahaan pemilik duck boat tersebut, dalam wawancara di acara CBS This Morning mengatakan bahwa kendaraan itu “tidak seharusnya berada di air.” CBS menyebutkan Jim Pattison Jr, presiden Ripley Entertainment, menjawab pertanyaan mengapa perahu itu beroperasi pada kondisi cuaca buruk seperti itu. Ia mengatakan kepada CBS bahwa jaket pelampung ada di dalam perahu itu tetapi berdasarkan undang-undang, penumpang tidak diwajibkan mengenakannya.

Untuk menghormati para korban, Gubernur Missouri Mike Parson memerintahkan pengibaran bendera setengah tiang hingga matahari terbenam pada 27 Juli. [uh]