Kasus Covid-19 di Seluruh Dunia 2,3 Juta

Warga mengenakan masker pelindung antre makanan gratis di tengah wabah virus corona (COVID-19) di Kota New York, AS, 18 April 2020. (Foto: Reuters)

Kasus-kasus virus corona telah melampaui 2,3 juta di seluruh dunia. AS terus mengalami kenaikan, tapi sebagian negara lain melaporkan penurunan.

Universitas Johns Hopkins mengatakan AS memiliki lebih dari 743.000 kasus dan hampir 40.000 kematian. AS adalah pusat wabah Covid-19 di dunia.

China, yang sebelumnya menjadi pusat pandemi, melaporkan 16 kasus baru pada Minggu (19/4).

Korea Selatan melaporkan hanya delapan kasus baru pada Minggu (19/4). Itu adalah pertama kalinya dalam beberapa bulan, negara itu melaporkan kasus satu digit.

Sejumlah negara mulai melonggarkan panduan pembatasan sosial untuk mengendalikan virus itu.

Kepala Organisasi Kesehatan Sedunia (World Health Organization/WHO) Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus, Minggu (19/4), memperingatkan bahwa meskipun rencana pelonggaran pembatasan sosial cukup menjanjikan, tapi harus dilakukan secara bertahap dan tidak jangan dilihat sebagai berakhirnya epidemi.

"Mencabut pembatasan karantina wilayah bukan berarti akhir epidemi di negara manapun; tapi merupakan awal tahap berikutnya," katanya. [vm/pp]