Keadaan Darurat di Florida Akibat Ganggang Merah

Bob Wasno, seorang pakar biologi laut dari Florida Gulf Coast University labuh jangkar di sebuah pantai di Bonita Springs, Florida, 14 Agustus 2018.

Keadaan darurat dinyatakan di negara bagian Florida karena ‘gelombang merah,’ sebutan bagi ‘serbuan’ ganggang merah telah membuat air laut menjadi gelap. Serangan ganggang merah yang terburuk dalam 10 tahun itu telah mengakibatkan kematian lumba-lumba, penyu dan ikan.

Bulan ini saja, lebih dari 100 ton makhluk laut mati dikeruk dari pantai yang bau dan sepi di daerah wisata di sepanjang pantai barat daya Florida akibat banyaknya ganggang merah beracun.

Dalam sepekan ini, 12 lumba-lumba mati terdampar di pantai di Sarasota County.

Fenomena alam ganggang merah disebabkan oleh organisme mikroskopis bersel tunggal, disebut Karenia brevis, yang hanya ada di Teluk Meksiko. Organisme itu melepas neurotoksin kuat yang bisa menyebabkan sakit kepala, mata berair, batuk dan serangan asma pada manusia.

Karenia brevis ditemukan sepanjang tahun pada tingkat rendah. Tetapi kalau jumlahnya berlipat ganda, penyu dan manatee bisa menelannya, atau mati akibat terlalu banyak memakan ikan dan rumput laut yang mengandung neurotoksin.

Informasi mengenai ganggang merah dicatat sejak tahun 1500-an oleh penjelajah Spanyol.[ka]