Kebakaran di California, Lebih dari 200 Orang Dievakuasi

Sebuah helikopter berusaja memadamkan kebakaran hutan di Yucaipa, California, Sabtu (5/9).

Lebih dari 200 orang dievakuasi dengan helikopter ke lokasi yang lebih aman hari Minggu (6/9) setelah kebakaran hutan yang bergerak sangat cepat membuat mereka terjebak di sebuah lokasi perkemahan terkenal di Sierra National Forest, California.

Layanan Darurat California mengatakan beberapa helikopter Black Hawk dan Chinook digunakan dalam proses evakuasi yang dimulai Sabtu malam itu. Sedikitnya dua orang luka-luka dan 10 lainnya menderita cedera.

Juru bicara hutan nasional itu mengatakan kebakaran hutan yang dijuluki “Creek Fire” itu berawal hari Jumat (4/9) dan hingga Sabtu siang (5/9) telah menghanguskan hutan seluas 145 kilometer per segi, dan mengelilingi Mammoth Pool Campground.

Sedikitnya 2.000 bangunan terancam musnah di daerah yang terletak sekitar 467 kilometer utara Los Angeles itu.

Suhu di kota San Fernando Valley kini mencapai 47 derajat Celsius.

Hingga Minggu pagi baru 5% kebakaran yang berhasil dipadamkan.

Hampir 12.500 petugas pemadam kebakaran berjuang memadamkan api di 22 kebakaran besar di kota itu. Sejak 15 Agustus lalu telah terjadi 900 kebakaran hutan di California yang menghanguskan hutan seluas lebih dari 2.343 mil per segi. Sedikitnya delapan orang tewas dan hampir 3.300 bangunan musnah dilalap si jago merah. [em/jm]