Kebakaran di California Terbesar dalam Sejarah Negara Bagian

The Ranch Fire, bagian dari Kompleks Kebakaran "Mendocino", menjalar ke arah punggung bukit di High Valley Rd. dekat Clearlake Oaks, California, saat Kepala Batalyon Matt Sully memimpin tim operasi pemadam kebakaran, Minggu, 5 Agustus 2018. (Foto: dok).

Pihak berwenang di negara bagian California mengatakan kebakaran yang mulai berkobar lebih dari seminggu yang lalu telah menjadi yang terbesar dalam sejarah negara bagian itu.

Kebakaran yang dikenal sebagai Kebakaran Kompleks Mendocino itu terdiri atas dua kobaran terpisah di bagian utara negara bagian itu dan telah bergabung dan secara kolektif membakar 115.000 hektar lahan sehingga melampaui luas wilayah yang terbakar oleh Kebakaran Thomas pada Desember 2017 lalu.

Departemen Kehutanan dan Perlindungan dari Kebakaran California (CAL FIRE) Senin malam mengatakan, kebakaran di Mendocino itu baru 30 persen teratasi dan masih terus meluas. Kebakaran itu sejauh ini telah menghanguskan sekitar 150 bangunan.

Doreen Gatewood, pejabat informasi yang bekerja untuk mengatasi Kebakaran Kompleks Mendocino, mengatakan kepada VOA tidak ada korban tewas dalam kobaran api itu. Gatewood mengatakan kondisi yang tidak menguntungkan, seperti suhu tinggi, kelembaban rendah, dan angin kencang di daerah itu telah memungkinkan kebakaran mencapai tingkat yang masif.

Hampir 4.000 personil bekerja untuk memadamkan api, termasuk kru yang menerbangkan helikopter dan pesawat untuk melakukan pemadaman dari udara. [lt]