Kebakaran Hutan Tak Terkendali, California Berlakukan Keadaan Darurat

Kobaran api dari Kebakaran Kincade melahap gedung Soda Rock Winery di Healdsburg, California, Sabtu, 27 Oktober 2019.

Gubernur California Gavin Newsom telah menyatakan keadaan darurat akibat kebakaran hutan dan pemadaman listrik besar-besaran. Pemadaman yang berdampak pada jutaan orang itu dilakukan untuk mencegah api meluas.

"Kami mengerahkan segala sumber daya yang tersedia... penting bagi warga dalam zona evakuasi untuk mematuhi peringatan para pejabat dan petugas tanggap darurat," kata Newsom.

Sebanyak 200 ribu orang terpaksa mengungsi dari rumah mereka di Sonoma County, sebelah utara San Francisco. Kantor sheriff menyebutnya evakuasi terbesar yang diketahui.

Kebakaran itu dijuluki Kincade, nama sebuah jalan lokal dimana api diyakini mulai berkobar. Kebakaran itu telah menghanguskan wilayah lebih dari 12.000 hektare dan menghancurkan sejumlah bangunan, termasuk bangunan bersejarah di kawasan yang terkenal dengan perkebunan anggurnya.

Para pejabat mengatakan hingga Minggu (27/10), baru 10 persen yang berhasil dikendalikan. Tiupan angin panas, kering dan sangat kencang menyulitkan upaya para pemadam untuk mengendalikan api. [vm/pp]