Kecelakaan Helikopter NATO di Afghanistan, 5 Tentara AS Tewas

Helicopter NATO terbang di atas Kabul pasca serangan di sebuah hotel pertengahan tahun lalu (Foto: dok). Lima tentara AS tewas dalam kecelakaan helikopter NATO di wilayah Kandahar, Afghanistan Selatan (11/3).

Helikopter pasukan koalisi yang dipimpin NATO jatuh di Kandahar, Afghanistan selatan, menewaskan lima tentara Amerika, Senin (11/3).
Para pejabat setempat mengatakan tidak ada yang selamat dalam kecelakaan yang terjadi saat hujan dan badai, hari Senin (11/3). Pihak berwenang setempat mengatakan tidak ada kegiatan musuh di daerah tersebut saat itu.

NATO sebelumnya melaporkan kecelakaan hari Senin (11/3) tetapi tidak menyebutkan kebangsaan para korban. Penyebab kecelakaan itu sedang diselidiki.

Dengan insiden ini, jumlah tentara Amerika yang tewas hari Senin berjumlah tujuh orang. Para pejabat NATO mengatakan dua tentara Amerika tewas dan tujuh lainnya luka-luka dalam serangan yang diperkirakan dilakukan oleh orang dalam di provinsi Wardak, di bagian timur Afghanistan.

Pihak berwenang mengatakan seorang penembak yang berpakaian seragam tentara atau polisi Afghanistan melepaskan tembakan, menewaskan kedua tentara Amerika itu dan beberapa tentara Afghanistan.