Kegembiraan Sambut Paus Fransiskus di Portugal Kian Besar

Paus Fransiskus memimpin doa Angelus di Vatikan, 30 Juli 2023. (Foto: via Reuters)

Paus Fransiskus pekan ini memulai perjalanan lima harinya ke Portugal untuk merayakan Hari Orang Muda Sedunia. Kegembiraan menyambut kehadirannya meningkat menjelang kedatangannya pada hari Rabu.

Ratusan ribu orang muda dari seluruh dunia diperkirakan menghadiri kegiatan sepekan di Lisbon, ibu kota Portugal, yang akan mempersatukan komunitas pemuda Katolik yang lebih luas untuk pertama kalinya sejak pandemi.

Alfredo Hernandez, sukarelawan Hari Orang Muda Sedunia asal Guatemala, mengatakan, menurutnya hari tersebut membawa harapan setelah pandemi dan lockdown membuat mereka tidak dapat menjalankan keyakinan mereka seperti sebelumnya. Acara ini membuat secercah harapan muncul lagi dan membawa pesan Kristus kepada siapa pun yang mendengarkannya, lanjut Hernandez.

Para jemaat menyanyikan lagu-lagu Kristiani sebagai bagian dari perayaan Hari Orang Muda Sedunia di Portugal, 28 Juli 2023. (Foto: AP)

Sementara itu Theresa Guettler, sukarelawan lainnya asal Florida, mengatakan, “Melihat dunia saat ini dan melihat bagaimana kita membutuhkan Kristus dalam hidup kita menjadi semakin penting bagi orang-orang Katolik muda.”

Menurut berbagai organisasi Amerika, lebih dari 28.600 orang dan 60 uskup akan menghadiri acara di Lisbon.

Pertemuan besar umat Katolik tersebut berlangsung tahun ini ketika Fransiskus sendiri sedang dalam proses mengonsolidasikan warisan kepausannya.

Ia telah menunjuk banyak uskup dan kardinal muda serta sedang mempersiapkan pertemuan besar Oktober mendatang untuk membahas masa depan gereja. [uh/ab]