Kelompok Bersenjata Ledakkan Bom dekat Sekolah Islam di Nigeria

Polisi Nigeria berjaga di sepanjang bunker di jalanan Maiduguri, Nigeria (Foto: dok). Sekelompok bersenjata meledakkan bom di dekat sebuah sekolah Islam di Nigeria Utara, Minggu (30/9).

Sekelompok bersenjata meledakkan bom dekat sebuah sekolah Islam dikelola oleh ulama Salafi terkemuka Awwal Adam Albani, yang dikenal karena kecamannya terhadap kelompok militan Islamis Boko Haram di Nigeria utara
Sekelompok bersenjata meledakkan bom dekat sebuah sekolah Islam di Nigeria utara dan kemudian terjadi tembak-menembak dengan pasukan keamanan, menewaskan sedikitnya dua penyerang dan mencederai beberapa lainnya.

Tidak ada yang segera mengaku bertanggung-jawab atas pemboman hari Minggu di kota Zaria di negara bagian Kaduna.

Sekolah tersebut dikelola oleh ulama Salafi terkemuka Awwal Adam Albani, yang dikenal karena kecamannya terhadap kelompok militan Islamis Boko Haram.

Boko Haram mengatakan mereka sedang berjuang untuk menegakkan hukum Syariah di seluruh Nigeria, negara yang paling banyak penduduknya di Afrika. Kelompok itu tidak mengakui pemerintah atau undang-undang dasar Nigeria.

Human Rights Watch mengatakan kelompok itu bertanggung-jawab atas lebih dari 1000 kematian dalam tiga tahun terakhir ini.