Kenang Wartawan Korban Penembakan, Media AS Heningkan Cipta

Para wartawan di Clarion Ledger, Jackson, Mississipi, mengheningkan cipta, 5 Juli 2018, untuk mengenang 5 wartawan Capital Gazette di Annapolis, Maryland yang tewas ditembak.

Pusat pemberitaan media di seluruh Amerika Kamis (5/7) mengheningkan cipta selama satu menit untuk mengenang lima wartawan di Annapolis, Maryland, yang ditembak mati pekan lalu.

Para wartawan Voice of America di Washington DC berdiri di sisi meja, menghentikan seluruh aktivitas, sementara komputer, TV dan ponsel dimatikan.

Editor di The Courier-Journal di Louisville, Kentucky, dan The Virginian-Pilot di Norfolk membacakan nama kelima korban.

Sekitar 100 wartawan di markas kantor berita Associated Press di New York yang umumnya sibuk, berkumpul di sekitar divisi liputan nasional.

Mengheningkan cipta secara nasional ini dilakukan pukul 2:33 waktu Amerika bagian timur, waktu yang sama ketika penembak Jarrod Ramos diduga melepaskan tembakan ke kantor surat kabar Capital Gazette di Annapolis yang menewaskan lima orang.

Ramos kini berada di penjara, menghadapi lima tuduhan pembunuhan tingkat pertama.

Ramos dilaporkan memiliki dendam terhadpap surat kabar itu karena laporan-laporan yang ditulis tentang dirinya, terkait pelecehan seksual yang dilakukan terhadap mantan teman sekelas yang ingin dipacarinya. [em/al]