Kepala Polisi El Salvador dan Terduga Penggelapan Uang Tewas dalam Kecelakaan Helikopter

Kepala Kepolisian Nasional El Salvador, Mauricio Arriaza, memberi hormat saat peluncuran patroli perbatasan baru di perbatasan Guatemala, La Hachadura, El Salvador, 12 September 2019. (Foto: AP)

Kepala kepolisian El Salvador dan seorang laki-laki yang diduga melakukan penggelapan uang jutaan dolar tewas ketika helikopter militer yang mereka tumpangi jatuh Minggu malam (8/9).

Pemerintah El Salvador mengatakan Kepala Polisi Mauricio Arriaza saat itu sedang mengawal mantan manajer koperasi Manuel Coto kembali ke El Salvador. Coto, yang diduga menggelapkan uang sebesar $35 juta dolar sebelumnya ditangkap pada Minggu di Honduras setelah mencoba melarikan diri ke Amerika Serikat. Dia kemudian diserahkan kepada Kepolisian El Salvador.

Menurut Angkatan Bersenjata El Salvador, helikopter itu jatuh di distrik Pasaquina, di bagian tenggara negara itu yang dekat perbatasan dengan Honduras. Jumlah total orang yang berada di dalam helikopter ketika jatuh belum diketahui.

Presiden Nayib Bukele mengatakan di X, “Apa yang terjadi tidak bisa hanya dianggap sebagai ‘kecelakaan.’ Ini harus diselidiki secara menyeluruh dan sampai ke konsekuensi terakhirnya.”

Bukele memuji Arriaza atas kontribusinya yang signifikan terhadap keamanan nasional dan perannya dalam berbagai operasi kepolisian. [th/em]