Kepala WHO Eropa Soal Omicron: "Badai Berikutnya akan Datang"

  • Associated Press

Orang-orang yang berjalan melewati Menara Eifel di Paris, Prancis, tampak mengenakan masker untuk mencegah perebakan COVID-19, pada 21 Desember 2021. Eropa telah mencatat lonjakan kasus baru COVID-19 sejak varian Omicron terdeteksi. (Foto: AP/Michel Euler)

Pejabat tinggi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di Eropa Hans Kluge pada Selasa (21/12) mendesak pemerintah untuk mempersiapkan diri menghadapi lonjakan signifikan dalam kasus virus corona di seluruh benua itu karena varian Omicron sudah mendominasi perebakan di beberapa negara.

"Kita bisa menyaksikan badai lainnya akan datang," kata Kluge pada konferensi pers di Wina setelah melakukan pertemuan dengan menteri kesehatan Austria, Wolfgang Mueckstein.

BACA JUGA: WHO Tak Sarankan Acara Kumpul-kumpul di Tengah Perebakan Omicron

"Dalam beberapa minggu, Omicron akan mendominasi di lebih banyak negara di kawasan ini, mendorong sistem kesehatan yang sudah kesulitan (menjadi) semakin kewalahan " ujarnya.

Omicron telah terdeteksi di setidaknya 38 dari 53 negara anggota WHO di kawasan Eropa, kata Kluge dan ia menambahkan bahwa Omicron juga sudah menjadi varian dominan di Inggris, Denmark dan Portugal.

BACA JUGA: Dosis Tambahan Moderna Efektif Lawan Varian Omicron

Pekan lalu, Eropa mencatat 27.000 orang meninggal karena virus corona di kawasan tersebut dan 2,6 juta kasus tambahan yang dilaporkan, kata Kluge.

Meski kasus ini mencakup semua varian, tidak hanya Omicron, namun ia mencatat angka ini lebih tinggi 40 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu. [my/jm]