Kesepakatan Gencatan Senjata Gaza Diharapkan Berlanjut Hingga Ramadan

Presiden AS Joe Biden (kiri) dan Seth Meyers dalam rekaman acara "Late Night with Seth Meyers" di New York City, 26 Februari 2024. (Jim WATSON / AFP)

Presiden AS Joe Biden, Senin (26/2) mengatakan bahwa dia berharap gencatan senjata di Gaza bisa dimulai awal minggu depan. Dia menambahkan bahwa Israel telah bersedia menunda operasinya selama bulan Ramadan, sebagai bagian dari kesepakatan apapun yang bisa dicapai.

Di tengah krisis kemanusiaan yang berkembang di wilayah Palestina, perwakilan dari Mesir, Qatar, AS, Prancis dan beberapa negara lain telah berperan sebagai mediator bagi Israel dan Hamas. Mereka mengupayakan penghentian pertempuran dan pembebasan sandera Israel yang ditahan di Gaza.

Ditanya dalam perjalanan kampanye pilpresnya di New York, kapan kesepakatan semacam itu akan dimulai, Biden menjawab, “Saya berharap pada akhir pekan ini.”

“Penasehat keamanan nasional saya mengatakan bahwa kita sudah dekat, kita sudah dekat, tetapi kita belum selesai. Harapan saya adalah pada Senin depan kita akan memasuki gencatan senjata,” kata Biden kepada jurnalis.

Biden (81), memberikan detail lebih banyak tentang kesepakatan yang mungkin dicapai ketika berbicara terkait masalah ini dalam wawancara untuk acara malam di televisi AS bersama pembawa acara Seth Meyers.

“Ada kemajuan, dengan berbagai rintangan,” kata Biden kepada Meyers ketika ditanya tentang cara mengakhiri konflik ini.

Presiden AS Joe Biden berbicara dengan pembawa acara Seth Meyers saat mereka menikmati es krim di Van Leeuwen Ice Cream setelah merekam episode "Late Night with Seth Meyers" di New York City, 26 Februari 2024. (Jim WATSON / AFP)

Para perantara telah berharap bisa mencapai kesepakatan sebelum datangnya bulan suci Ramadan bagi umat Islam, dalam dua pekan ke depan.

“Ramadan akan segera tiba dan sudah ada kesepakatan oleh pihak Israel bahwa mereka tidak akan melakukan aktivitas selama Ramadan juga, dengan tujuan memberi kita waktu untuk membebaskan semua sandera,” lanjut Biden.

Biden sebelumnya telah berbicara tentang gencatan senjata selama enam pekan.

Presiden AS ini mengatakan bahwa sebuah kesepakatan “ akan memberi kita waktu untuk bergerak ke arah di mana banyak negara Arab telah bersiap untuk bergerak” dalam kerangka normalisasi hubungan dengan Israel.

“Saya kira jika kita bisa melakukan gencatan senjata sementara, kita akan mampu untuk bergerak ke arah di mana kita bisa mengubah dinamika,” ujar Biden. [ns/ka]