Ketegangan Meningkat, India Tangguhkan Layanan Visa Bagi Warga Kanada

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dalam konferensi pers di sela-sela Majelis Umum PBB di New York, 21 September 2023. (REUTERS/Mike Segar)

India menangguhkan layanan visa untuk warga negara Kanada hari Kamis dan meminta Kanada agar mengurangi stafnya di India, sementara ketegangan antara kedua negara meningkat.

Warga negara Kanada yang sekarang ini tidak memiliki visa tidak akan dapat bepergian ke India sebelum layanan visa dimulai kembali. India juga telah meminta agar Kanada mengurangi kehadiran diplomatiknya di negara itu, suatu langkah yang oleh juru bicara Kementerian Luar Negeri Arindam Bagchi disebut sebagai masalah keseimbangan, karena staf India di Kanada kalah jauh jumlahnya daripada staf Kanada di India.

India juga memperingatkan warga negaranya untuk berhati-hati kalau bepergian ke Kanada, karena Kementerian Luar Negeri di New Delhi menyebut adanya “aktivitas anti-India dan kejahatan berdasarkan kebencian yang secara politik dibiarkan.”

Hubungan antara kedua negara telah tegang sejak Senin, sewaktu PM Kanada Justin Trudeau menyebut “ada tuduhan yang kredibel” bahwa India terlibat dalam kematian warga negara Kanada yang juga tokoh separatis Sikh Hardeep Singh Nijjar pada Juni lalu di dekat kota Vancouver.

Badan penyiaran publik Kanada CBC telah melaporkan bahwa seorang anggota aliansi intelijen Five Eyes, memberi Kanada sejumlah informasi yang mengarah pada tuduhan tersebut. Identitas anggota itu belum diungkapkan.
Five Eyes adalah jejaring berbagi intelijen, yang terdiri dari Australia, Kanada, Selandia Baru, Inggris dan AS.

Meskipun Trudeau mengatakan ia tidak ingin memprovokasi atau menghadapi masalah dengan India, ia menyatakan bahwa Kanada “sangat tegas mengenai pentingnya supremasi hukum dan tegas mengenai pentingnya melindungi warga Kanada.” Ia telah meminta India untuk bekerja sama dalam penyelidikan kematian Nijjar.

India dianggap oleh banyak kalangan internasional sebagai lawan penting dalam menghadapi pengaruh internasional Tiongkok yang kian besar, yang telah menyebabkan banyak sekutu Kanada enggan turut campur dalam perselisihan ini.

Kanada dan India secara umum memiliki hubungan baik yang bergantung pada perdagangan dan keamanan, meskipun India telah menuduh Kanada melindungi separatis Sikh dan orang-orang yang dianggap India sebagai teroris. [uh/ab]