Ketua Partai Kongres India Kecam Serangan Oposisi terhadap Perdana Menteri

PM India Manmohan Singh dikecam karena tidak segera menyelidiki skandal bernilai miliaran dolar yang memaksa pengunduran diri menteri telekomunikasi.

Ketua Partai Kongres India Kecam Serangan Oposisi terhadap Perdana Menteri

Pemimpin Partai Kongres yang berkuasa di India, Sonia Gandhi, mengecam partai oposisi karena menargetkan Perdana Menteri Manmohan Singh dalam skandal lisensi telepon seluler yang merugikan negara miliaran dolar.

Gandhi memuji integritas PM Singh pada hari Rabu, yang menyebut serangan terhadap dirinya memalukan.

PM Singh telah dikecam karena tidak segera menyelidiki skandal bernilai miliaran dolar. Pekan lalu, Menteri Telekomunikasi Andimuthu Raja, yang sekaligus merupakan tokoh berpengaruh partai Kongres, terpaksa mengundurkan diri akibat skandal ini.

Mahkamah Agung India melanjutkan proses hukumnya pada hari Rabu untuk mendengarkan penjelasan PM atas reaksinya yang lambat. Parlemen gagal memecahkan kebuntuan politik menyangkut tuntutan oposisi untuk mengadakan penyelidikan bersama parlemen terhadap skandal itu.

Partai Kongres menolak menyetujui penyelidikan itu, dengan mengatakan sebuah penyelidikan yang terpisah sedang berlangsung.

Para anggota parlemen dari pihak oposisi telah menghalangi berlangsungnya sidang parlemen selama beberapa hari bulan ini, untuk mencegah diloloskannya undang-undang apapun.