Komite Senat AS Setujui Nominasi Trump untuk Kepala EPA

Komite Senat AS menyetujui nominasi Scott Pruitt untuk mengepalai Badan Perlindungan Lingkungan (EPA), Kamis 2/2 (foto: dok).

Sebuah komite Senat telah memilih untuk menyetujui nominasi Scott Pruitt untuk mengepalai Badan Perlindungan Lingkungan (EPA) hari Kamis (2/2).

Komite Lingkungan dan Pekerjaan Umum Senat menyetujui pencalonan Pruitt sehari setelah jadwal yang ditentukan karena aksi boikot hari Rabu yang dilakukan oleh kalangan Demokrat dalam komite itu. Tetapi kalangan Republik mencabut sementara beberapa peraturan hari Kamis untuk menyetujui nominasi Pruitt.

Para anggota Demokrat dalam Komite Keuangan Senat melakukan hal yang sama Selasa dan Rabu untuk mencegah pemungutan suara atas Steve Mnuchin, calon menteri keuangan, dan Tom Price, calon menteri kesehatan.

Peraturan Senat mengharuskan setidaknya satu anggota minoritas hadir agar pemungutan suara komite bisa dilanjutkan. Ketua Komite Keuangan, Senator Orrin Hatch dari Utah, sukses memimpin upaya mengubah peraturan panel, sehingga Mnuchin dan Price langsung disetujui Senat dengan suara hanya dari kelompok Republik. [vm/ii]