Kolombia Berduka, Menhan Meninggal Karena Covid-19

Menteri Pertahanan baru Kolombia Carlos Holmes Trujillo berjalan di lapangan selama upacara militer di Bogota, Kolombia, Sabtu, 16 November 2019. (Foto: AP/Fernando Vergara)

Kolombia berkabung atas kematian Menteri Pertahanan Carlos Holmes Trujillo terkait Covid-19. Holmes Trujillo meninggal pada hari Selasa (26/1) setelah dua pekan dirawat di sebuah rumah sakit di Bogota.

Para pejabat pemerintah bergabung bersama dengan kerabatnya pada misa hari Selasa (26/1) untuk mengenang Holmes Trujillo.

Presiden Ivan Duque mengatakan Holmes Trujillo adalah pegawai negeri yang setia, pernah menjabat sebagai menteri luar negeri Kolombia dan wali kota Cali.

Holmes Trujillo adalah menteri terkini yang sedang menjabat yang meninggal karena komplikasi terkait Covid-19. Penyakit ini telah menewaskan 51.747 orang di Kolombia, sebut Johns Hopkins University Coronavirus Resource Center.

Dalam beberapa pekan ini, virus tersebut telah menyebabkan kematian empat menteri di Zimbabwe, dua di Malawi, satu di Afrika Selatan dan dua di Eswatini, negara yang dulunya dikenal sebagai Swaziland. [uh/ab]