Komorowski Resmi Presiden Baru Polandia

Komorowski meraih 53 persen suara dalam pilpres Minggu, sementara Jaroslaw Kaczynski mendapat 47 persen.

Komisi Pemilu Polandia secara resmi menyatakan Bronislaw Komorowski sebagai presiden baru negara itu. Pejabat-pejabat KPU mengumumkan hasil akhir pemilu presiden itu hari Senin.

Komorowski, seorang politisi yang moderat, meraih 53 persen suara dalam pemilu hari Minggu mengalahkan calon konservatif Jaroslaw Kaczynski yang mendapat 47 persen.

Pemilihan presiden yang lebih awal itu diadakan setelah kecelakaan pesawat awal April lalu menewaskan presiden Polandia Lech Kaczynski, saudara kembar Jaroslaw Kaczynski, dan istrinya serta 94 lainnya meninggal di Rusia Barat.

Hari Minggu malam, Jaroslaw Kaczynski memberi selamat kepada Komorowski atas kemenangannya, setelah dua exit poll menunjukkan presiden sementara itu memimpin perolehan suara.

Komorowski memuji perolehan suara yang ketat dan menyebutnya sebagai kemenangan bagi demokrasi. Kepada para pendukungnya, ia juga mengatakan kampanye pemilihan presiden berlangsung sulit karena dibayangi tragedi nasional tewasnya presiden Kaczynski.

Komorowski menjadi penjabat presiden bulan April ketika Presiden Lech Kaczynski, saudara kembar Jaroslaw Kaczynski, tewas dalam kecelakaan pesawat di Rusia.

Komorowski memimpin Partai Civic Platform yang pro-bisnis dan mendukung pro-Uni Eropa. Kaczynski selama ini bermusuhan dengan Uni Eropa dan secara terbuka mencurigai negara-negara musuh Polandia di masa lalu, khususnya Jerman dan Rusia.