Korban Pelecehan Seks Tuntut Diikutkan dalam Reformasi Vatikan

Warga Rusia antre untuk mengunjungi restoran cepat saji yang baru dibuka di bekas gerai McDonald's di Bolshaya Bronnaya Street di Moskow, Rusia. Tiga bulan setelah penangguhan operasi McDonald di Rusia, ratusan orang membanjiri bekas gerainya di Lapangan Pushkin Moskow saat restoran dibuka kembali dengan pemilik Rusia dan nama baru. (Foto: AP)

Patricia Gallagher Marchant pertama kali dilecehkan pastor yang berteman dengan keluarganya ketika ia berusia tujuh atau delapan tahun.

Lebih dari 50 tahun kemudian, dalam usia 61 tahun, ia hari Rabu berdiri di depan kumpulan kamera wartawan di luar pusat kota Chicago di kantor pusat keuskupan agung Katolik, dan menuntut agar gereja mendengarkan para korban.

Marchant didampingi pimpinan dua organisasi advokasi korban yang mengirim surat terbuka kepada Paus Fransiskus, meminta disertakan dalam pertemuan bersejarah yang diimbau pemimpin Katolik itu Februari nanti di Vatikan, untuk membahas krisis yang sedang melanda gereja itu.

Tuntutan itu datang tepat ketika para uskup Amerika berkumpul di seminari di daerah Chicago untuk menghadiri pertemuan puncak doa sebelum pertemuan di Vatikan tersebut. [ka]