Korea Selatan Tawarkan Bantuan untuk Tanggulangi Wabah di Korea Utara

Seorang warga Korea Selatan, Song Myung-j menyemprotkan disinfektan untuk menghindari penyakit mulut dan kuku hewan di peternakannya di Ansung, Seoul, Korea Selatan (Foto: dok).

Korea Selatan menawarkan bantuan kepada Korea Utara untuk menanggulangi wabah penyakit mulut dan kuku pada babi, yang akan merupakan bantuan kemanusiaan tingkat pemerintah yang pertama sejak 2010.
Kementerian Pertanian Korea Utara dikutip kantor berita pemerintah hari Sabtu (22/2), mengatakan sekurang-kurangnya 3.200 ekor babi terinfeksi penyakit mulut dan kuku, dan sebagian telah mati meskipun sebagian besar disembelih.

Menurut kantor berita KCNA, wabah yang mulai merebak tanggal 8 Januari itu menyebar karena kekurangan vaksin, sarana diagnosa, dan disinfektan.

Hubungan antara Korea Selatan dan Utara sering tegang tetapi dalam beberapa hari terakhir ini ratusan warga Korea Selatan melakukan reuni keluarga yang terpisah karena perang di Korea Utara.

Reuni itu terlaksana meskipun Korea Utara marah karena latihan perang gabungan Korea Selatan – Amerika Serikat yang dimulai hari Senin (24/2).