Kostum Olivia Benson dari Serial "Law & Order: Special Victims Unit" Masuk Museum di Amerika

Mariska Hargitay (kanan) dan kostum tokoh detektif Olivia Benson yang ia perankan dalam serial "Law & Order: Special Victims Unit" dipamerkan di Museum Nasional Sejarah Amerika di Smithsonian, Washington, D.C. (VOA)

Serial "Law & Order: Special Victims Unit" diperbarui untuk musim tayang yang ke-25. Tokoh utamanya, Olivia Benson, yang diperankan oleh aktris Mariska Hargitay dan telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Amerika, mendapat penghargaan dari Museum Nasional Sejarah Amerika di Washington, D.C.

Warga Amerika Serikat dan jutaan orang di seluruh dunia telah mengenal tema khas dari serial televisi "Law & Order: Special Victims Unit". Drama polisi dan bintangnya Olivia Benson, yang diperankan oleh Mariska Hargitay, telah ditayangkan di saluran televisi NBC selama seperempat abad.

Belum lama ini, Mariska Hargitay dan pencipta acara ini, yaitu Dick Wolf, mempersembahkan salah satu kostum Olivia Benson dari musim tayang yang ke-25 kepada Museum Nasional Sejarah Amerika Smithsonian.

Aktris Mariska Hargitay (VOA)

"Sosok Olivia mengejar keadilan dan dia melakukannya dengan belas kasih, juga untuk penyembuhan diri. Itulah yang mereka inginkan, yaitu masyarakat yang sembuh (dengan jiwa yang sehat). Itulah yang dilakukan oleh Smithsonian, yaitu menciptakan masyarakat yang lebih adil dan penuh kasih," ujar Mariska Hargitay kepada VOA.

"Law & Order: SVU" mengisahkan tentang tim detektif khusus yang dipimpin oleh Olivia Benson, yang fokus memecahkan kasus kekerasan seksual. Kostum Olivia Benson akan menjadi bagian dari pameran permanen Entertainment Nation di Smithsonian. Pameran ini mengeksplorasi bagaimana industri hiburan telah membentuk masyarakat Amerika selama lebih dari 150 tahun.

Direktur Museum Nasional Sejarah Amerika, Anthea Hartig (VOA)

"Kostum Olivia Benson yang indah, bagaimanapun juga, menceritakan begitu banyak kisah mendalam tentang kekerasan seksual, tentang para penyintas, dan tentang apa yang dapat kita lakukan untuk membantu para penyintas, serta sejarah kekerasan seksual yang panjang dan tragis," ujar Anthea Hartig, direktur Museum Nasional Sejarah Amerika.

Your browser doesn’t support HTML5

Kostum Olivia Benson dari Serial "Law & Order: Special Victims Unit" masuk Museum di Amerika

Kurator museum Katherine Ott menekankan dampak sosial dari pameran ini.

"Bahkan hingga hari ini, kekerasan seksual adalah masalah yang sangat sulit, yang tidak ingin dibicarakan orang. Jauh lebih mudah untuk menonton sesuatu daripada berhadapan dengan masalahnya," kata Katherine Ott kepada VOA.

Kurator di Museum Nasional Sejarah Amerika, Katherine Ott (VOA)

"Anda bisa menontonnya melalui televisi. Inilah salah satu peran dari suatu hiburan, katanya. Anda bisa belajar tentang hal-hal yang benar-benar ingin Anda ketahui, yang menyentuh hati Anda, tapi Anda tidak tahu harus berbicara dengan siapa. Anda merasa malu atau sungkan untuk membicarakannya," tambah Katherine.

"Special Victims Unit" merupakan serial yang dikembangkan dari serial asli "Law & Order", yang telah berlangsung selama 20 tahun, dan dihidupkan kembali beberapa tahun yang lalu.

Menurut produser eksekutif Anastasia Puglisi, acara ini berumur panjang karena adanya hubungan yang dirasakan oleh penonton dengan tokoh Olivia Benson.

Produser eksekutif Law and Order: Special Victims Unit, Anastasia Puglisi (VOA)

"Yang pertama dan terutama adalah bahwa orang-orang dapat memiliki hubungan dengan Kapten Olivia Benson lebih dari apa pun, dan mereka merasa kalau penonton benar-benar ingin percaya, bahwa ada sosok orang seperti Olivia Benson di di dunia, yang berjuang untuk mereka, jika mereka berada di situasi seperti yang diceritakan dalam film," jelas Anastasia Puglisi.

Kostum Olivia Benson dipamerkan di Museum Nasional Sejarah Amerika di Smithsonian, Washington, D.C. (VOA)

Aktris Mariska Hargitay juga membantu orang-orang di kehidupan nyata. Pada tahun 2004, ia mendirikan Yayasan Joyful Heart, yang didedikasikan untuk mendukung para penyintas pelecehan seksual dan pelecehan anak. [di/aa]