Kremlin: Putin Diberitahu Soal Kerusakan Kapal Perang akibat Serangan Ukraina

Foto yang diposting di saluran Telegram @VentdeCrimee pada 26 Desember 2023 ini menunjukkan asap mengepul di atas kapal perang yang rusak akibat serangan Ukraina di pelabuhan Feodosiya, Krimea yang dikuasai Rusia. (Handout / Telegram / @VentdeCrimee / AFP)

Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu mengatakan kepada Presiden Vladimir Putin, Selasa (26/12), bahwa Ukraina telah menyerang pelabuhan Feodosia di Krimea dan merusak sebuah kapal pendarat angkatan laut, kata juru bicara Kremlin.

Militer Ukraina sebelumnya mengatakan bahwa angkatan udaranya menghancurkan kapal pendarat Novocherkassk milik angkatan laut Rusia di pelabuhan Krimea barat.

“Hari ini Menteri Pertahanan Shoigu melaporkan (kepada Putin) tentang serangan yang dilakukan Ukraina di Feodosia dan tentang kerusakan pada kapal pendarat besar kami. Itu adalah laporan yang sangat rinci,” kata juru bicara presiden Dmitry Peskov kepada wartawan.

Kementerian Pertahanan Ukraina sebelumnya menulis di X bahwa "kapal pendarat Novocherkassk dihancurkan di Feodosia malam ini".

Kementerian memposting sebuah foto tanpa atribusi yang menunjukkan api dan asap di pelabuhan pada malam hari.

"Angkatan Udara Ukraina melakukan tugasnya dengan sangat baik. Krimea adalah Ukraina. Tidak ada tempat bagi armada penjajah di sini," tulis kementerian itu.

Angkatan udara negara tersebut mengatakan bahwa kapal tersebut diduga membawa drone penyerang. [ab/ka]