Kutub Utara Catat Suhu Tertinggi Bulan Agustus

FILE: Para ilmuwan mengendarai mobil salju mereka melintasi Arktik menuju Kongsfjord saat matahari terbenam di dekat Ny-Alesund, Svalbard, Norwegia, 10 April 2023. (Lisi Niesner/REUTERS)

Kepulauan Svalbard di Kutub Utara mencatat rekor suhu tertinggi pada bulan Agustus pada akhir pekan lalu, mencapai 20 derajat Celcius, kata Institut Meteorologi Norwegia, Senin (12/8).

Pengukuran 20,3 derajat Celcius tercatat pada hari Minggu (11/8) di stasiun cuaca di bandara Svalbard, institut tersebut mengatakan dalam sebuah pernyataan yang diposting di X, dan menambahkan bahwa gelombang suhu dingin semakin dekat.

"Suhu akan tetap tinggi hingga sore ini. Mungkin hari ini akan mencapai 20 derajat juga?," kata lembaga tersebut.

Rekor bulan Agustus sebelumnya adalah 18,1 Celcius, yang tercatat pada 31 Agustus 1997.

Suhu tertinggi yang pernah tercatat di Svalbard adalah 21,7 Celcius pada 25 Juli 2020, yang melampaui rekor sebelumnya pada 1979.

Para ilmuwan NPI (Norwegian Polar Institute) mengendarai mobil salju mereka saat matahari terbenam di tepi Kongsfjord dan gletser Kronebreen dekat Ny-Aalesund, Svalbard, Norwegia, 10 April 2023. (Lisi Niesner/REUTERS)

Kepulauan Svalbard terletak di tengah-tengah antara daratan Norwegia dan Kutub Utara.

Suhu rata-rata bulan Agustus yang tercatat di bandara Svalbard adalah antara enam hingga sembilan derajat Celcius.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2022 oleh peneliti Finlandia dan Norwegia, Kutub Utara telah menghangat hampir empat kali lebih cepat daripada bagian dunia lainnya sejak tahun 1979.

Meningkatnya suhu telah mencairkan es laut yang kemudian berkontribusi pada percepatan pemanasan di wilayah tersebut, sebuah fenomena yang dikenal sebagai "amplifikasi Kutub Utara".

Sebuah laporan yang diterbitkan pada tahun 2019, “Iklim Svalbard pada tahun 2100,” menemukan bahwa suhu rata-rata di kepulauan ini antara tahun 2070 dan 2100 akan meningkat 7-10 derajat, karena tingkat emisi gas rumah kaca. [th/uh]