Lagi, Kapal Perang Rusia Adakan Latihan di Atlantik

  • Associated Press

Fregat Rusia Admiral Gorshkov" meninggalkan pangkalan Angkatan Laut di Severomorsk. (Foto: via Reuters)

Kementerian Pertahanan Rusia pada Jumat (10/2) merilis rekaman latihan angkatan lautnya di Lautan Atlantik yang dilakukan oleh awak fregat Admiral Gorshkov, yang dipersenjatai dengan rudal jelajah hipersonik anti-kapal.

Dalam teks yang menyertainya, disebutkan bahwa awak kapal melakukan penembakan artileri ke sasaran laut, sebagai bagian dari persiapan latihan angkatan laut bersama dengan Angkatan Laut Republik Afrika Selatan dan Angkatan Laut China.

Rekaman itu, yang tidak dapat diverifikasi secara independen, muncul setelah adanya perintah Presiden Rusia Vladimir Putin pada 4 Januari untuk mengirim fregat dalam pelayaran lintas samudra untuk unjuk kekuatan sementara ketegangan dengan Barat meningkat terkait invasi Rusia di Ukraina.

BACA JUGA: Kapal Perang Rusia ‘Rusak Parah’ oleh Ledakan Amunisi

Rusia mengklaim bahwa rudal 3M22 Zircon dapat menghindari pertahanan udara Barat dengan terbang pada kecepatan 11.265 kilometer per jam.

Dipesan oleh angkatan laut Rusia pada tahun 2018 setelah uji coba yang panjang, Admiral Gorshkov adalah kapal pertama dalam seri fregat baru yang dirancang untuk menggantikan kapal perusak era Soviet yang sudah tua sebagai komponen serangan utama angkatan laut Rusia.

Dipersenjatai dengan berbagai rudal, kapal ini memiliki panjang 130 meter dengan sekitar 200 awak. [lt/ab]