Lebanon akan Hadiri Pembicaraan Suriah yang Ditengahi Rusia

Presiden Lebanon Michel Aoun mengatakan, negaranya bersemangat untuk berpartisipasi dalam pembicaraan Suriah (foto: dok).

Presiden Lebanon mengatakan, negaranya bersemangat untuk berpartisipasi dalam pertemuan politik yang didukung Rusia mengenai perang Suriah. Michel Aoun mengatakan, negaranya ingin ikut memonitor usaha-usaha yang percepatan pemulangan ratusan ribu pengungsi yang berada di Lebanon.

Meski demikian Aoun mengatakan, partisipasi negaranya tidak bertentangan dengan haknya untuk mengambil cara berbeda dengan pemerintah Suriah dalam proses pemulangan pengungsi Suriah dari Lebanon.

Lebanon menampung lebih dari satu juta pengungsi Suriah, menjadikannya negara penampung pengungsi per kapita tertinggi di dunia.

Utusan khusus presiden Rusia untuk Suriah, Alexander Lavrentiev, Rabu, mengundang Lebanon untuk hadir sebagai pengamat pada pertemuan mendatang yang dilangsungkan di ibukota Kazakhstan Juli mendatang.

Lavrentiev mengatakan, menciptakan kondisi yang memungkinkan bagi pemulangan pengungsi merupakan tanggungjawab semua pihak, bukan hanya Suriah. [ab/uh]