Lelang Memorabilia Selebriti Tawarkan Rumah Elvis, Gaun Marilyn

Charlene Presley, kerabat Elvis Presley dari pernikahan, berdiri di rumah yang kabarnya adalah rumah masa kecil Elvis di Tupelo, 17 Oktober 2017.

Bertahun-tahun sebelum Elvis Presley menjadi Raja Rock and Roll, dia tinggal di sebuah rumah kecil di atas bukit dari sekolah dasarnya di Mississippi timur laut dan bermain dengan anak-anak lain di lapangan terdekat. Para penggemarnya sekarang memiliki kesempatan untuk membeli rumah dan tanah tua itu.

Rumah berbingkai kayu putih dan properti di sekitarnya dengan luas lebih dari 6 hektar adalah bagian dari lelang selebriti mendatang yang mencakup barang-barang artis legendaris lainnya, mulai dari gaun aktris Marilyn Monroe hingga topi fedora gelap Michael Jackson.

Ingin seragam Angkatan Darat yang dipakai Tom Hanks saat syuting "Forrest Gump?"akan ditawarkan dalam lelang. Bagaimana dengan piano akrilik Whitney Houston atau payung dengan gagang berbentuk burung kakak tua yang dibawa Julie Andrews dalam "Mary Poppins?" Atau BMW Hugh Hefner pada 1973 yang mungkin dibeli dengan keuntungan dari penjualan Playboy?

Rumah, tanah dan memorabilia lainnya merupakan bagian dari lelang online yang diadakan pada 11 November oleh Balai Lelang GWS, sebuah perusahaan California Selatan yang mengkhususkan diri dalam penjualan barang-barang, termasuk tanah dan bangunan, koleksi barang seni dan koleksi selebriti.

Lebih dari 150 barang akan dilelang, termasuk barang-barang lain yang berhubungan dengan Presley, misalnya pesawat jet pribadi, mobil Cadillac berwarna merah muda buatan 1957, sebuah kapal bernama "Hound Dog," sebuah televisi dari Graceland dan sebuah rumah mobil dengan dua kamar tidur dari peternakan Circle G-nya.

Ada juga radio yang pernah dimiliki oleh Presiden John F. Kennedy; gaun, baju tidur dan baju tidur yang dimiliki oleh Jacqueline Kennedy Onassis; pakaian Reese Witherspoon yang digunakan dalam film "Legally Blonde;" dan Jaguar 1993 yang dimiliki oleh model almarhum Anna Nicole Smith.

Pemilik Balai Lelang GWS, Brigitte Kruse, mengatakan semua barang koleksi selebriti telah dikonfirmasi keasliannya dengan berbagai cara.

"Harta benda mereka memang langka, tapi di luar nilai moneter, para penggemar memberi nilai emosional untuk memiliki sesuatu yang berhubungan dengan idola mereka," katanya.

Mengenai rumah Presley, kerabat Elvis, Charlene Presley mengatakan bahwa bangunan tersebut awalnya dibangun oleh ayah penyanyi tersebut, Vernon Presley dan pamannya di samping rumah kecil tempat Presley lahir pada tahun 1935. Tempat kelahiran itu adalah pusat atraksi dari sebuah taman dan museum yang menarik ribuan pengunjung setiap tahunnya ke Tupelo.

Direktur eksekutif Yayasan Tempat Kelahiran Elvis Presley, Dick Guyton, mengatakan lima rumah bergaya senapan - yang diberi nama karena desainnya yang panjang dan sempit – dulu berdiri di daerah di mana rumah kelahiran Presley masih berada. Tapi Guyton mengatakan bahwa dia tidak tahu apa yang terjadi pada salah satu dari empat struktur lainnya, yang artinya dia tidak dapat menjamin rumah yang akan dijual.

Kruse mengatakan anggota keluarga Presley dan pegawai lama Graceland dan Elvis Presley Enterprises telah mensertifikasi semua barang-barang yang ada kaitannya dengan Presley yang akan dijual.

Berapa banyak seseorang bisa membayar rumah kecil yang biasanya bernilai beberapa ribu dolar?. Siapa tahu?. Tapi jet Presley terjual hampir 500.000 dolar di bulan Mei sebelum dibersihkan dan ada yang menemukan mesinnya, kata perusahaan pelelangan tersebut.

Jika berjalan kaki singkat dari tempat kelahiran Presley, tanah tersebut mencakup sebidang tanah yang akan dijadikan tempat pemakaman untuk penggemar Elvis lebih dari satu dekade yang lalu. Proyek ini tidak menjadi kenyataan dan tidak ada yang pernah tinggal di rumah ini selama bertahun-tahun. [aa/fw]