Macron Dorong Konsep Pertahanan Eropa Masa Depan 

Presiden Prancis Emmanuel Macron dan istrinya Brigitte Macron berkunjung ke Museum Holocaust Memorial di Berlin, Jerman, pada 27 Mei 2024. (Foto: Markus Schreiber/Pool via Reuters)

Presiden Prancis, Emmanuel Macron, mendesak negara-negara Eropa untuk mempertahankan diri dengan lebih baik melawan berbagai musuh, dan tidak hanya tergantung pada Amerika Serikat.

“Mari berhenti menjadi, baik sepenuhnya transatlantik atau sepenuhnya bersikap nasionalistik dalam isu ini. Mari kita tegaskan Prancis-Jerman, mari kita tegaskan sepenuhnya Eropa,” kata Macron, yang berpidato di depan anak muda di Dresden, Jerman pada Senin (27/5).

Negara-negara Eropa harus memperjelas siapa sebenarnya musuh-musuh mereka dan bagaimana mereka bisa melindungi diri sendiri, melawan musuh itu, kata Macron.

“Apapun yang membuat Eropa yang lebih independen dan lebih berdaulat. Eropa yang bisa mempertahankan diri sendiri dan berdiri untuk dirinya sendiri. Eropa yang bisa mempertahankan diri di hadapan semua ancaman,” kata dia.

BACA JUGA: Kunjungi Jerman, Macron Tekankan Pentingnya Persahabatan: "Damai, Bukan Berarti Menyerah"

“Inilah yang harus kita bangun saat ini. Ini adalah perdamaian dan keamanan bersama Eropa yang mungkin,” tambahnya lagi.

Macron juga mendesak anggaran Uni Eropa digandakan untuk investasi yang dibutuhkan, setelah pemilu Eropa mendatang, tetapi tidak merinci seberapa besar anggaran tersebut.

“Mari gandakan anggaran Eropa kita, baik itu melalui besaran anggaran itu sendiri, atau melalui strategi pinjaman bersama, atau melalui instrumen yang sudah ada. Mari gandakan investasi publik di Eropa bersama-sama, dan mari bangun pasar bersama untuk permodalan, keuangan dan investasi untuk melipatgandakan investasi swasta,” ujarnya.

Eropa, kata Macron, membutuhkan kejutan investasi besar untuk mencapai tantangan-tantangan itu.

Macron berkunjung ke Dresden, sebagai bagian dari kunjungan resmi tiga harinya ke Jerman. [ns/jm]