Mantan Istri PM Malaysia Ditangkap

Rosmah Mansor (tengah), istri mantan PM MalaysiaNajib Razak, tiba di kantor Badan Anti-Korupsi Negara untuk ditanyai di Putrajaya, Malaysia, 5 Juni 2018. (Foto: dok).

Istri mantan PM Malaysia Najib Razak ditangkap, Rabu (3/10), oleh badan anti-korupsi dan diperkirakan didakwa dalam skandal yang melibatkan perusahaan dana investasi negara 1MDB.

Rosmah Mansor ditangkap setelah diinterogasi oleh badan itu untuk ketiga kalinya atas tuduhan penggelapan dana dan pencucian di perusahaan itu.

Mengenakan pakaian tradisional berwarna hijau terang, Rosmah tersenyum kepada wartawan namun bersikap bungkap sewaktu ia tiba di kantor badan tersebut. Ia pertamakali dipanggil badan itu pada 5 Juni dan kemudian pada 26 September. Pada panggilan kedua, ia diinterogasi hingga selama 13 jam. Media-media setempat melaporkan, Rosmah bisa menghadapi hingga 20 dakwaan, dan umumnya terkait dengan praktik pencucian uang.

Mantan PM Najib telah menyatakan tidak bersalah terhadap berbagai dakwaan, termasuk pencucian uang, korupsi, penyalahgunaan wewenang dan pelanggaran kepercayaan dalam skandal itu, dan akan diadili tahun depan.

Rosmah yang berusia 66 tahun terkenal dengan gaya hidupnya yang mewah. Ia menyukai perhiasan mahal dan terobsesi dengan tas-tas bermerek. Banyak orang sering menyamakan Rosmah dengan mantan ibu negara Filipina Imelda Marcos yang terkenal mengoleksi sepatu-sepatu mahal. [ab/uh]