Mantan Pengacara Trump Tunda Kesaksian di Hadapan Kongres

Michael Cohen, mantan pengacara Presiden Donald Trump, meninggalkan gedung pengadilan federal setelah pembacaan hukuman di New York, 12 Desember 2018.

Mantan pengacara pribadi Presiden Donald Trump, Michael Cohen, menunda kesaksian yang sedianya akan diberikan di muka sidang terbuka Kongres pada 7 Februari, karena “ancaman terus menerus yang dilancarkan Presiden Trump atas keluarganya.”

Pengacara Cohen, Lanny Davis mengatakan, “saat ini Cohen harus mendahulukan keselamatan keluarganya.Davis mengatakan, penundaan itu juga disebabkan kliennya masih terus memberikan keterangan kepada Penyidik Khusus Robert Mueller yang sedang menyelidiki campur tangan Rusia dalam pemilihan presiden 2016.

Cohen semula akan memberikan kesaksian di hadapan Komite Pengawasan DPR yang menyelidiki berbagai pembayaran kepada dua orang perempuan, yang mengaku punya hubungan seksual dengan Trump, supaya mereka tutup mulut ketika kampanye pemilihan sedang berlangsung.

Pihak kejaksaan mengatakan Trump memerintahkan Cohen membayar kedua perempuan itu untuk mencegah kemungkinan skandal ketika Trump sedang berusaha menjadi presiden Amerika. [ii]