Mantan PM Malaysia Mahathir Dirawat Akibat Infeksi Saluran Pernapasan

Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad berbicara dalam konferensi pers di kantornya di Putrajaya, Malaysia, 22 Januari 2024. (Foto: Vincent Thian/AP)

Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad menjalani perawatan di rumah sakit karena infeksi saluran pernapasan. Kantor Mahathir mengumumkan hal itu, Rabu (16/10), setelah media melaporkan bahwa mantan perdana menteri absen pada sidang pengadilan dalam gugatan pencemaran nama baik yang dia ajukan.

Mahathir, yang menjabat sebagai perdana menteri selama lebih dari dua dekade, memiliki riwayat masalah jantung dan telah menjalani operasi bypass. Dalam beberapa tahun terakhir, mantan perdana menteri berusia 99 tahun itu, sudah keluar masuk rumah sakit, dan terakhir dirawat di rumah sakit pada Juli.

Mahathir dijadwalkan menghadiri persidangan pada Rabu atas kasus pencemaran nama baik yang diajukannya terhadap wakil perdana menteri saat ini. Namun media lokal melaporkan sidang tersebut ditunda setelah pengacaranya mengatakan bahwa dia sedang dirawat di Institut Jantung Nasional.

Seorang ajudan Mahathir mengatakan kepada Reuters bahwa dia masuk ke rumah sakit, Selasa (14/10) malam karena batuk akibat infeksi saluran pernafasan bagian bawah, dan akan menjalani cuti medis hingga 25 Oktober.

Mahathir menjabat sebagai perdana menteri selama 22 tahun hingga 2003. Ia kembali menjadi perdana menteri pada 2018 setelah memimpin koalisi oposisi meraih kemenangan bersejarah. Namun, pemerintahannya tumbang dalam waktu kurang dari dua tahun karena pertikaian. [ft/es]