Maskapai Penerbangan Eropa Berjuang Atasi Penumpang yang Terlantar

Ribuan penumpang terlantar di bandara dan hotel sementara maskapai penerbangan berusaha menambah kapasitas pesawat.

Eropa telah membuka kembali lalu lintas udaranya, sementara maskapai-maskapai penerbangan berjuang untuk mengatasi pemberangkatan penumpang dalam jumlah besar yang terlantar sejak minggu lalu ketika debu volkanik melumpuhkan jalur udara di benua itu.

Badan pengatur lalu-lintas udara di Eropa, Eurocontrol, menyatakan pihaknya memperkirakan akan mengoperasikan sedikitnya 28 ribu penerbangan hari Kamis.

Namun sebagian gangguan terus terjadi, walaupun umumnya berlangsung sebentar di Eropa Utara, ketika angin yang berubah arah membawa gelombang baru debu di atas beberapa daerah di Norwegia, Swedia, Finlandia dan Skotlandia utara.

Ribuan penumpang yang selama ini terlantar di bandara-bandara dan hotel hari Rabu dijejalkan ke dalam pesawat sementara maskapai-maskapai penerbangan berusaha menambah kapasitas pesawat. Eurocontrol mengatakan, abu volkanik dari Islandia menyebabkan sekitar 95.000 penerbangan dibatalkan dalam sepekan ini.

Asosiasi Transportasi Udara Internasional IATA menyebut semua pembatalan itu “sangat merugikan,” dengan mengatakan hal itu membuat industri penerbangan rugi hampir dua milyar dolar.